Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA N 12 Semarang 2021

“Tegar Di Tengah Keprihatinan, Menjadi Teladan Merajut Sukses Masa Depan” adalah tema yang diangkat oleh SMA Negeri 12 Semarang dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru Tahun Pembelajaran 2021/2022.

            Seluruh satuan pendidikan di Jawa Tengah sedang melangsungkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai bagian dari persiapan memasuki tahun pembelajaran baru 2021/2022. Peserta didik wajib mengikuti kegiatan MPLS agar mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru.

            Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kegiatan MPLS untuk semua sekolah dilaksanakan secara daring. Hal ini sejalan dengan Instruksi Gubernur Jawa Tengah No 2 Tahun 2021 Tentang Implementasi Pengetatan Aktivitas Masyarakat Pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dimungkinkan akan menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring kembali apabila tingkat angka persebaran Covid-19 ini tidak mengalami penurunan.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMA Negeri 12 Semarang diselenggarakan secara daring dengan judul “Virtual MPLS Smandalas 2021” dengan memanfaatkan fasilitas Zoom meeting. Peserta didik yang mengikuti kegiatan MPLS ini diharapkan dapat mempersiapkan perangkat elektronik seperti (komputer/laptop/gawai) yang “support” supaya dapat mengikuti kegiatan MPLS dengan lancar yang berlangsung pada 12 Juli -15 Juli 2021.

            Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA Negeri 12 Semarang dibuka oleh Dr. Kusno, S.Pd., M.Si selaku Kepala Sekolah, dalam pembukaan kegiatan MPLS menyampaikan kepada seluruh peserta didik, orang tua/wali, pendidik dan tenaga kependidikan untuk selalu taat kepada protokol kesehatan; mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta didik kelas X sudah resmi bergabung menjadi keluarga besar SMA Negeri 12 Semarang; ucapan terimakasih juga kepada  peserta didik dan orang tua/wali yang sudah memberikan kepercayaan kepada SMA Negeri 12 Semarang . Tak lupa bahwa 2021 adalah masuk kepada tahun ketiga proses transformasi SMA Negeri  12 Semarang yang mengusung branding Sekolah Berbunga (Bersih, Berdayaguna, Unggul, Asri).

            Pesan Dr. Kusno, S.Pd.,M.Si (Kepala Sekolah) dalam rangka mewujudkan visi misi sekolah antara lain: 1) Sekolah sebagai satuan pendidikan harus bersinergi dengan pemangku kebijakan beserta masyarakat Gunungpati Semarang dalam  beradaptasi dan memanfaatkan dengan positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan abad 21 sebagai basis utama yang nantinya relevan untuk peserta didik dalam persaingan seleksi perguruan tinggi dan sekolah lain; 2) Peserta didik diharapkan memaksimalkan potensinya dalam  bidang akademik dan non akademik yang telah diwadahi oleh sekolah melalui kegiatan belajar mengajar, ekstrakurikuler dan lainnya yang nantinya juga dapat menjadi “nilai lebih” ketika seleksi perguruan tinggi; peserta didik diharapkan dapat menata diri dalam perilaku, tutur kata, dan menjadi pribadi yang sesuai dengan nilai dan norma di dalam lingkungan masyarakat.

            Diharapkan ketika mampu  memahami dan mentaati tata tertib dan norma yang berlaku, maka akan menjadi manusia yang unggul dan hebat di masa  depan. Kemudian dilanjutkan materi tentang Kurikulum Sekolah (Dwi Muh. Fajar Basuki, M.Pd); Pengenalan Fasilitas Sekolah (Drs. Andang Winursito); Tata Tertib Sekolah (Mariyono, M.Pd); Pendidikan Karakter (Ismail, S.Pd); Sekolah Bersih Narkoba (Herie Gunawan, S.Pd); Sekolah Ramah Anak (Yekti Wikani, M.Pd); Enterpreneurship (Rhea Jrania) dan ditutup dengan materi langsung oleh Wali Kelas X. Kemudian secara resmi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA N 12 Semarang ditutup oleh Dr. Kusno, S.Pd., M.Si (Kepala Sekolah) kembali berpesan kepada seluruh civitas akademika untuk terus taat protokol kesehatan dan juga berdoa kepada Tuhan Yang Kuasa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita semua dapat beraktifitas secara normal. Selanjutnya bahwa kegiatan MPLS 2021 ini berjalan lancar dan sukses, diharapkan  peserta didik kelas X dapat melakukan adaptasi terkait Sistem E-Learning SMA Negeri 12 yaitu Simpe12 beserta fitur-fiturnya dan tidak lupa untuk menyampaikan segala kendala terkait Pembelajaran Jarak Jauh berbasis aplikasi Simpel-12 supaya berkomunikasi dengan wali kelas masing-masing.

            Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah digelar bukan hanya untuk memperkenalkan peserta didik dengan lingkungan sekolahnya yang baru, namun juga sebagai wadah pengembangan diri. Tujuan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMA Negeri 12 Semarang antara lain: 1) Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 12 Semarang; 2) Mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler; 3) Memberikan wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap, tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah; 4) Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah; 5) Melatih siswa peduli terhadap lingkungan.

 

Kamis, 15 Juli 2021

(Tim Humas SMA Negeri  12 Semarang)