Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2019 di SMAN 12 Semarang

MPLS yang merupakan singkatan dari Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah menjadi moment penting bagi semua siswa baru di sebuah sekolah, tidak terkecuali di SMAN 12 Semarang yang dilaksanakan tiga hari mulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 17 Juli 2019 tepatnya diawal tahun ajaran 2019-2020 menjadi rangkaian kegiatan yang bertujuan sebagai wadah mengenalkan para siswa baru kepada seluruh lingkungan SMAN 12 Semarang hingga daerah sekitar sekolah. Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut diharapkan seluruh siswa baru mudah dan cepat beradaptasi dengan seluruh kegiatan akademik di SMAN 12 Semarang.

Hari pertama pelaksanaan MPLS diawali dengan apel pagi di lapangan utama sekolah sekaligus pembukaan acara MPLS yang ditandai dengan pelepasan balon dan penyerahan bibit pohon dari perwakilan orangtua siswa kepada kepala sekolah. Dilaksanakan pula pengalungan co-card peserta MPLS oleh kepala sekolah kepada tiga perwakilan siswa baru sebagai tanda semua siswa baru siap mengikuti seluruh kegiatan MPLS di SMAN 12 Semarang dengan baik. Setelah selesai pelaksanaan apel pagi, seluruh siswa baru langsung mengikuti rangkaian kegiatan MPLS hingga pukul 15.30 WIB.

Hari kedua pelaksanaan MPLS difokuskan pengenalan pada potensi daerah sekitar SMAN 12 Semarang kepada para siswa baru, yaitu dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat industri dan pelayanan masyarakat di daerah sekitar. beberapa diantaranya adalah kunjungan ke Puskesmas Gunungpati, Industri kain perca, dan Budidaya singkong keju. Pelaksanaan kunjungan tersebut dilakukan dengan berjalan kaki dengan dibagi menjadi beberapa kelompok. dan dari hasil kunjungan tersebut semua siswa baru mengetahui potensi-potensi yang berkembang di sekitar sekolah dan juga terjalin hubungan baik antara SMAN 12 Semarang dengan pelaku industri di sekitar Kecamatan Gunungpati.

Hari terakhir pelaksanaan MPLS ditutup dengan kegiatan “DEMO EKSTRA” oleh para pengurus ekstrakurikuler. Bertempat di lapangan utama, Pementasan dimulai dari ekstrakurikuler Pramuka, PMR, Paskibra, Tari Saman,¬† Silat, Modern Dance, dan banyak lagi yang lainnya.