Pembinaan KSN Bidang Astronomi di SMAN 12 Semarang oleh Departemen Fisika Undip Semarang

       SMAN 12 Semarang memiliki Visi “Berkualitas, Modern, Mandiri dan Berwawasan Lingkungan” yang diwujudkan melalui Misi Sekolah Angka 2, yaitu “Mengembangkan budaya berprestasi bagi warga sekolah” dan dituangkan dalam program kurikulum antara lain “Membina kegiatan lomba-lomba bidang akademik, seperti LKIR, KSN dan KGN”.

       Untuk mewujudkan budaya prestasi, khususnya prestasi akademik bidang kompetensi sains nasional (KSN) memenuhi target yaitu sekolah bisa meloloskan peserta didik pada Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kota Semarang, maka SMAN 12 Semarang menjalin kerja bersama (MoA) pembinaan KSN bidang Astronomi dengan Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang dalam bentuk Pengabdian Masyarakat.

Dr. Kusno, S.Pd., M.Si. menerima Tim Departemen Fisika Undip Semarang untuk melaksanakan pembimbingan KSN bidang Astronomi

Anggota Tim Departemen Fisika Undip Semarang yang lain mengikuti kegiatan penerjunan secara daring melalui Zoom Meeting

        Tim pengabdian masyarakat Departemen Fisika Undip Semarang terdiri dari Ketua Tim Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si., Dr. Eng. Ali Khumaeni, M.Eng. (Anggota), Prof. Dr. Wahyu Setia Budi, M.S. (Anggota), Drs. K. Sofjan Firdausi, M.Sc. (Anggota) melaksanakan kegiatan pembimbingan pada bulan Maret s.d. Mei 2021 pada hari Jum’at pukul 08.00 – 16.00 WIB bertempat di Laboratorium Kimia SMAN 12 Semarang. Pembimbingan hari pertama sekaligus pembukaan kegiatan dilaksanakan secara daring dengan Zoom Meeting antara pihak sekolah dan Tim pengabdian masyarakat Departemen Fisika Undip Semarang pada hari Jum’at, 5 Maret 2021. Peserta Pembinaan Kompetisi Sains Nasional bidang Astronomi berjumlah 5 (lima) peserta didik, yaitu Rizqi Dwi Nurcahyo Wina Putra Kelas XI-MIPA.1, Vinta Syaputri Kelas XI-MIPA.3, Norita Agustina Subagyo Kelas XI-MIPA.4, Salma Alisia Salsabila Kelas XI-MIPA.5 dan Shifa Komala Hapsari Kelas XI-MIPA.6. Kelima peserta ini lolos seleksi administrasi tingkat sekolah, yaitu berasal dari peminatan MIPA, berperingkat 5 (lima) besar di kelas, memiliki nilai rapor Fisika dan Matematika tidak kurang dari 88.

        Pembimbingan dilaksanakan secara luring atau tatap muka dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, mengurangi mobilitas selama kegiatan. Meskipun bidang Astronomi cukup berbobot karena memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, memerlukan keterampilan Matematik yang memadai dan pemahaman Fisika yang baik, tetapi para peserta antusias dan bersemangat mengikuti bimbingan. Terlihat para peserta hadir tepat waktu baik di awal maupun pergantian sesi, responsif jika ada pertanyaan atau diminta tanggapan dari narasumber, Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. maupun narasumber yang lain. Para peserta bimbingan menerima bahan ajar dalam bentuk cetak, yang kemudian dijelaskan secara jelas dan mendalam disertai penerapan dalam contoh soal.

Pembimbingan KSN bidang Astronomi oleh Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si., peserta mengikuti kegiatan dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19

        Pada hari Jum’at tanggal 4 Juni 2021 Tim KSN bidang Astronomi SMAN 12 Semarang yang diwakili 3 (tiga) peserta, yaitu Rizqi Dwi Nurcahyo Wina Putra, Vinta Syaputri, dan Norita Agustina Subagyo akan berlaga pada Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021. SMAN 12 Semarang mempunyai target meloloskan peserta seleksi tingkat kabupaten/kota untuk selanjutnya bisa berlaga di tingkat provinsi. Kegiatan KSN-K Tahun 2021 dilaksanakan secara daring berbasis UNBK, bertempat di laboratorium komputer sekolah dengan pengawasan silang oleh pengawas dari sekolah lain.

      Untuk lebih mengefektifkan pembimbingan dan memperbesar peluang lolos KSN tingkat provinsi, sekolah memiliki strategi dengan menyiapkan pembimbing KSN bidang Astronomi dan 8 (delapan) bidang yang lain terdiri atas pembimbing internal yang merupakan ibu/bapak guru sesuai bidang, dan pembimbing eksternal untuk menguatkan pemahaman dan memberikan strategi khusus menyelesaikan soal-soal standar KSN-K, merupakan narasumber ahli di bidangnya secara insidental membimbing peserta.

       Kegiatan pembimbingan KSN bidang Astronomi oleh Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Fisika Universitas Diponegoro Tahun 2021 berakhir pada hari jum’at, 21 Mei 2021. Pada kesempatan tersebut bimbingan tetap berlangsung seperti terjadwal, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB diisi dengan pembahasan soal bidang Astronomi oleh Ketua Tim Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. Pada hari terakhir itu di sela-sela pembimbingan, Dr. Kusno, S.Pd., M.Si. Kepala SMAN 12 Semarang menyampaikan terima kasih kepada Departemen Fisika Undip yang diwakili Ketua Tim telah memberikan bimbingan bidang Astronomi kepada anak-anak dan permohonan maaf jika ada yang tidak berkenan selama Tim Pengabdian melakukan kegiatan di sekolah. SMAN 12 Semarang terbuka untuk pembimbingan KSN bidang-bidang yang lain maupun Pengabdian Masyarakat dari Undip Semarang dalam bentuk kegiatan lainnya. Semoga ilmu yang diberikan oleh Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. beserta Tim diserap anak-anak secara optimal dan mereka dapat meraih hasil terbaik. Kepada anak-anak Dr. Kusno, S.Pd., M.Si. berpesan agar selalu bersemangat dalam menggali dan mengembangkan potensi diri, harus punya fighting spirit yang tinggi, tidak mudah menyerah jika menemui kesulitan, bersikap jujur dan berintegritas, dan memberikan prestasi terbaik. Aamiin.