Sambut HUT ke-36, SMAN 12 Semarang Mengusung Tema Bergerak Bersama Wujudkan Smandalas Berbunga

SMA Negeri 12 Semarang merupakan salah satu Sekolah Menengah Negeri di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kota Semarang. Pada awal berdirinya yaitu 01 Juli 1985 kegiatan belajar mengajar masih menumpang di SMPN 22 Semarang yang berlokasi di jalan Plalangan dan pada tahun 1988 hingga sekarang berpindah di Jalan Raya Gunungpati Semarang. SMA 12 Semarang berdiri di atas lahan seluas 1,435 hektare dalam lingkungan pedesaan yang masih asri.

SMA Negeri 12 Semarang memiliki Visi “menjadi sekolah yang berkualitas, modern, mandiri, dan berwawasan lingkungan”. Untuk mewujudkan visi tersebut maka SMA Negeri 12 memiliki misi yaitu, sebagai berikut. 1) Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur berdasarkan pancasila. 2) Mengembangkan budaya berprestasi bagi warga sekolah. 3) Menyelenggarakan pendidikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang unggul. 4) Meningkatkan kemampuan literasi digital dan kemampuan berbahasa asing bagi warga sekolah. 5) Mengembangkan warga sekolah agar memiliki kecakapan hidup abad ke-21 dan daya saing global. 6) Mengembangkan budaya bersih dan sehat bagi warga sekolah. 7) Menanamkan kepedulian warga sekolah terhadap pelestarian lingkungan.

Diusianya yang ke 36 tahun ini, SMAN 12 Semarang mengusung tema “Bergerak Bersama Wujudkan Smandalas Berbunga”. Tema tersebut dipilih karena selaras dengan visi misi untuk mewujudkan branding sekolah. SMAN 12 baru saja membranding dirinya dengan Smandalas Berbunga. kata “BERBUNGA” sendiri, adalah akronim dari BERSIH, BERDAYAGUNA, UNGGUL, ASRI. Pemilihan akronim tersebut dilatarbelakangi dari keunggulan dan visi sekolah kedepannya, dan tentu saja dengan pertimbangan filosofis. Kata “BERSIH “ memiliki makna bahwa SMA Negeri 12 Semarang adalah Sekolah yang warganya secara terus-menerus membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, dan memiliki lingkungan sekolah yang bersih, indah, sejuk, segar, rapih, tertib, dan aman. Sedangkan dalam kata “BERDAYAGUNA”, diharapkan seluruh sivitas akademika SMA Negeri 12 Semarang dan lulusannya pada khususnya berdayaguna, baik dari segi ilmu ataupun kehadirannya dikehidupan bermasayarakat. Lebih lanjut dalam kata “UNGGUL”, sekolah unggulan adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan ditunjukkan melalui prestasi akademik. Sementara itu, bergerak bersama dipilih sebagai wujud semangat kebersamaan keluarga besar SMAN 12 Semarang untuk menjadi sekolah yang berkualitas, modern, mandiri, dan berwawasan lingkungan.

Harapannya diusia yang ke-36 tahun ini, keluarga besar SMAN 12 Semarang semakin merasa memiliki, guyub, rukun, dan selalu mengedepankan kebersamaan untuk memajukan sekolah dan mencapai kesuksesan bersama.