SMA NEGERI 12 SEMARANG GELAR SIMULASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA

Dengan diterbitkannya Surat Penetapan Nomor 420/3104 tanggal 16 September 2021 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksanaan Simulasi PTM oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, maka SMA Negeri 12 Semarang ditunjuk untuk melaksanakan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka pada tanggal 20 September  sampai dengan 1 Oktober 2021.

Kepala SMA Negeri 12 Semarang Dr Kusno S.Pd, M.Si menyatakan siap menghadapi Simulasi PTM dan melakukan berbagai rangkaian persiapan meliputi: 1) Melakukan sosialisasi kepada Bapak/Ibu Guru dan Karyawan; 2) Sosialisasi kepada perwakilan orang tua peserta didik; 3) Sosialisasi kepada peserta didik secara daring; 4) Sarana prasarana, kurikulum, persiapan dan 5) Pelatihan bagi bapak ibu guru mengajar tatap muka; 6) Membuat MoU dengan Puskesmas Gunungpati, mendapatkan ijin dari Satgas Covid-19 Kecamatan Gunungpati dan juga Muspika Kecamatan Gunungpati. Langkah tersebut ditempuh dalam rangka untuk membantu dan ikut memantau mencegah persebaran virus Covid-19 dan demi suksesnya Simulasi PTM Terbatas menuju PTM.

Pemantauan oleh Retno Fatriani, M.Sc Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jawa Tengah/HumasSMAN12SMG

 

Ismail, S.Pd selaku Ketua Panitia Simulasi PTM dan Wakil Kepala Urusan Kesiswaan telah melakukan koordinasi dengan tim dengan membagi tugas sesuai dengan rincian tugas masing-masing bidang, yang pada akhirnya dapat menetapkan rombongan belajar sebagai pelaksanaan Simulasi PTM berdasarkan hasil respon angket Google Formulir yang diisi oleh peserta didik dan juga surat pernyataan kesanggupan dari orang tua/wali peserta didik.

 

Dwi Muh Fajar Basuki, M.Pd.selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Pembelajaran yang dilaksanakan  dalam Simulasi PTM menggunakan Model Blended Learning yaitu kombinasi pembelajaran luring (tatap muka) dan pembelajaran daring (e-learning simpel12.com) pada jam ke -1 s.d. ke-4 , jam ke-5 s.d. ke-9 para peserta didik pada Simulasi PTM melanjutkan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing.

KBM Penjasorkes oleh Achmat Buchori/HumasSMAN12SMG

 

Guna mendukung pelaksanaan pembelajaran, dari ketersediaan sarana prasarana sekolah. Drs. Andang Winursito selaku Wakil Kepala sekolah Urusan Sarana Prasarana telah melakukan persiapan dan pemenuhan sarana dan prasara terkait media pembelajaran, maupun protokol kesehatan seperti ketersediaan tempat cuci tangan yang memenuhi SOP, hand sanitizer, juga banyak dipasang banner dan himbauan berkaitan dengan protokol kesehatan.

 

Pelaksanaan Simulasi PTM tidak lepas dari upaya sekolah melakukan penyampaian informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Yekti Wikani, M.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Kehumasan dengan pihak pihak terkait kepada warga sekolah yaitu guru dan karyawan, komite sekolah, orang tua/wali peserta didik, peserta didik dan kepada khalayak masyarakat melalui pemasangan baliho, membuat video simulasi PTM menyampaikan melalui media sosial SMA Negeri 12 Semarang yaitu Web, Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Pelaksanaan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka sudah dilakukan pemantauan oleh Cabang Dinas Wilayah I yang dihadiri oleh Ibu Retno Fatriani, M.Si menyampaikan bahwa secara keseluruhan Pelaksanaan Simulasi PTM berjalan baik dan lancar. Beberapa hal yang menjadi catatan dari beliau adalah selalu memperhatikan dan mengingatkan kepada peserta didik untuk taat protokol kesehatan. Pembelajaran dengan Model Blended Learning berjalan dengan baik hanya kedepan perlu memaksimalkan interaksi guru dengan peserta didik yang di rumah . Tetap istiqomah  menjaga dan melaksanakan  secara konsisten terhadap program Pelaksanaan Simulasi PTM. Dan tentunya , kesuksesan dan kelancaran atas ijin Allah SWT dan dukungan dari Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMA Negeri 12 Semarang. Semoga pelaksanaan Simulasi PTM 2 minggu ke depan berjalan lancar, menuju PTM terbatas dan pada akhirnya menuju Pembelajaran Tatap Muka Kebiasaan Baru.

 

Humas SMAN 12 Semarang (2021)