Vaksinasi Covid-19 Peserta Didik SMA N 12 Semarang

SMAN 12 Semarang, Jawa Tengah – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun sudah dapat dimulai. Ia mengatakan pelaksanaannya, akan dilakukan di sekolah dengan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat atau Kanwil Kementerian Agama, khusus bagi madrasah atau pesantren.

” Vaksinasi ini akan dilakukan di dinas-dinas pendidikan, di sekolah. Agar tidak bentrok dengan program vaksinasi yang jauh lebih berisiko yaitu 18 tahun ke atas,” ujar Budi dalam rapat di Komisi IX DPR RI, Senin, 5 Juli 2021.

Budi Gunadi mengatakan vaksinasi bagi anak sudah dapat dilakukan pasca Badan Pengawas Obat dan Makanan memberi izin penggunaan vaksin bagi anak. Hal ini juga telah didukung rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Wali kelas SMAN 12 Semarang turut serta mengatur jalannya proses vaksinasi anak usia 12-17 tahun di GOR patriot, Kodam IV/Diponegoro. HUMASSMAN12SMG / Yekti Wikani.

 

Pemerintah juga berpatokan pada pelaksanaan vaksinasi di dunia, yang juga sudah diberikan pada anak-anak. Vaksin yang akan digunakan di Indonesia adalah Vaksin Sinovac dengan dosis sebanyak 0,5 ml, yang akan diberikan sebanyak dua kali, dengan interval minimal 28 hari. “Setelah kita melihat apa yang sudah jadi best practice di dunia, itu diberikan antar 12-17 tahun,” kata Budi.

 

Kepala SMAN 12 Semarang Dr. Kusno, S.Pd., M.Si meninjau langsung dan berbincang singkat dengan peserta didik dalam kunjungannya ke GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro dalam pelaksanan program vaksinasi anak usia 12-17 tahun. HUMASSMAN12SMG/YEKTIWIKANI.

 

Nantinya, anak-anak yang akan divaksin akan diskrining terlebih dahulu sebelum penyuntikan. Setelah itu, juga akan dilakukan observasi usai injeksi dilakukan.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan vaksin bagi anak, adalah mendaftar di laman  https://pedulilindungi.id/ ; membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencakup NIK anak; membawa surat pernyataan izin dari orang tua untuk melakukan vaksinasi dan mengikuti protokol kesehatan. Informasi administrasi tersebut disampaikan pihak sekolah melalui wali kelas masing-masing.

 

Peserta didik SMAN 12 Semarang sedang menjalani observasi selama 15 menit paska injeksi vaksin coronavac dan menunggu pencetakan surat keterangan vaksinasi tahap 1/ HUMASSMAN12SMG/YEKTIWIKANI.

 

Melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Jawa Tengah yang membawahi satuan pendidikan SMAN 12 Semarang, sekolah kami mendapatkan lokasi vaksinasi anak usia 12-17 tahun di GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro. Kegiatan vaksinasi dilakukan pada Sabtu, 24 Juli 2021 dimulai dari kelas XII; XI; X. Dimulai dari pukul 07.00 s/d 15.00 WIB. Adapun peserta didik SMAN 12 Semarang yang telah melaksanakan vaksinasi tahap 1 sejumlah 723 orang.

(HUMAS SMAN 12 SEMARANG 2021)