ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMA NEGERI 12 SEMARANG

Asesmen Nasional merupakan upaya Kemendikbudristek untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menegah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.

Komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi dan numerasi. Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)  karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.

Berdasarkan PERATURAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR: 030/H/PG.00/2021 TENTANG PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN ASESMEN NASIONAL TAHUN 2021 SMA Negeri 12 Semarang melaksanakan ANBK pada gelombang ke-2 hari Rabu dan Kamis tanggal 29-30 September 2021  sebanyak 1 sesi dengan 3 ruang laboratorium dengan jumalh peserta 45 peserta didik. Pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 12 Semarang dengan kepengawasan silang dari 2 SMA dalam Subrayon 1 Kota Semarang di mulai pukul 07.30 – 09.40 WIB.

 

Gambar: Pelaksanaan ANBK SMA Negeri 12 Semarang dengan kepengawasan silang

Sambutan Kepala Sekolah Dr. KUSNO, S.Pd., M.Si.: “SMA Negeri 12 Semarang sukses melaksanakan ANBK untuk 45 peserta didik pada tahun pelajaran 2021/2022 dengan 1 sesi pada gelombang 2. Saya berharap hasil ANBK betul-betul mencerminkan kondisi SMA Negeri 12 Semarang dengan branding “BERBUNGA”.

Sumber: Kurikulum SMA Negeri 12 Semarang 2021