PESERTA DIDIK SMAN 12 SEMARANG JUARA MTQ TINGKAT KOTA SEMARANG

Muhammad Haidar Ali Tsani peserta didik kelas XII SMA Negeri 12 Semarang, salah satu peserta lomba yang mewakili Kecamatan Gunungpati untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat Kota Semarang dengan cabang tilawah pelajar SMA pada tanggal 23 Oktober 2021 di Balai Kota Semarang. Dengan perjuangan dan berlatih secara terus menerus serta memperoleh pembinaan dari LPTQ Kecamatan Gunungpati, Kantor Kecamatan Gunungpati dan pihak sekolah meraih Juara 3. Meskipun belum mendapatkan juara 1, tetapi rasa syukur dan bangga bagi keluarga besar SMA Negeri 12 Semarang.

Sebelum berkompetisi di tingkat Kota Semarang, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Gunungpati bersama kantor Kecamatan Gunungpati dan Kantor Urusan Agama menyelenggarakan seleksi beberapa cabang lomba di tingkat kecamatan pada tanggal 17 Juni 2021 yang diikuti oleh peserta dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA maupun umum. Adapun cabang lomba yang diikuti dari kalangan pelajar adalah tartil SD, tartil SMP, tartil SMA, tilawah SD, tilawah SMP, tilawah SMA, tahfizd 5 juz dan tilawah pelajar, tahfidz 5 juz. Untuk SMA Negeri 12 Semarang hanya mengirimkan satu peserta untuk mengikuti cabang lomba tilawah pelajar.

 

Dalam mengikuti lomba tingkat kecamatan, Haidar mendapatkan pembinaan oleh guru agama SMA Negeri 12 Semarang dengan harapan memperoleh hasil yang maksimal dan mampu mewakili tingkat kecamatan. Setelah berkompetesi dengan cabang lomba tilawah pelajar yang diikuti oleh pelajar dari SMA/MA/SMK se-kecamatan Gunungpati, Haidar memperoleh nilai maksimal dan diputuskan sebagai juara I tingkat kecamatan. Perjalanan tidak berhenti di situ saja LPTQ Kecamatan Gunungpati kembali mengadakan seleksi yang juara I cabang lomba tilawah pelajar putri dengan tilawah putra. Dan dewan hakim tingkat kecamatan memutuskan Haidar, siswa dari SMA Negeri 12 Semarang yang mewakili Kecamatan Gunungpati untuk mengikuti di tingkat kota.

Langkah yang dilakukan oleh LPTQ kecamatan untuk memaksimalkan persiapan delegasi peserta lomba dari kecamatan adalah pembinaan. Secara rutin kurang lebih satu bulan sebelum pelaksanaan lomba di tingkat Kota Semarang, berlatih setiap hari Sabtu di Kantor Urusan Agama Kecamatan Gunungpati di lantai 2. Pendampingan dan dukungan dari Kecamatan Gunungpati luar biasa bagi peserta lomba yang hendak ingin berlaga di tingkat Kota.

Kepala Sekolah SMA Negeri 12 Semarang, Kusno,S.Pd.,M.Si sering kali memberikan pengarahan kepada seluruh pembina ekstrakurikuler sekolah untuk selalu menyiapkan secara matang bagi peserta didik  yang mengikuti lomba apapun, dan selalu beliau sampaikan “silahkan ikut lomba, pulang bawa piala”. Artinya persiapannya dilakukan secara maksimal dan pendampingan terhadap peserta didik  yang bersangkutan.

 

©HUMAS SMAN 12 SEMARANG 2021 

Tinggalkan Balasan